Senin, 03 Desember 2012

Tafsir Mars PLH

Tafsir Mars PLH SMAN 8 Pekanbaru

# Tuhan ciptakan alam nan indah
   Manusia penerima amanah
   Wahana karya bernilai ibadah
   Ambil manfaat jangan serakah


Tafsiran:
Allah menciptakan alam semesta beserta isinya dengan sempurna. Dia menciptakan langit, makhluk hidup, air, udara dan sebagainya yang sangat bermanfaat bagi berlangsungnya kehidupan. Kita sebagai manusia diberi amanah untuk menjaga dan merawat alam kita. Dengan memanfaatkan alam beserta isinya, manusia dapat berkarya dan mendapatkan ilmu yang sangat bernilai harganya. Namun, yang perlu diingat adalah dalam mengambil manfaat hendaknya sesuai dengan kebutuhan.

# Karya agung-Nya teramat luhur
   Semua makhluk hidup makmur
   Amal berkah tumbuh subur
   Jagad raya sujud syukur
Tafsiran :
Hasil ciptaan Allah itu sangat baik, sempurna dan indah. Semua makhluk yang tinggal di bumi ini hidup makmur, karena apa yang diinginkan telah disediakan oleh Allah. Keberkahan pun selalu datang menghampiri. Semua makhluk dan jagad raya pun bersyukur.

# Buma Buha Mata
   Buka Mata Buka Hati
   Memelihara alam titipan Allah
Tafsiran:
Marilah kita bersama-sama membuka mata, lihatlah alam sekitar kita, tentunya banyak yang harus kita lakukan demi alam kita. Tidak lupa pula kita membuka hati, mari kita renungkan dan bergerak untuk memlihara alam yang telah dititipkan oleh Allah.

# Jagalah mata jagalah hati
   Ayunkan tangan langkahkan kaki
   Memelihara alam titipan Ilahi
   Cermin insan khalifah fil ardhi
Tafsiran :
Mari kita menjaga mata kita untuk terus terbuka, menatap alam dan lingkungan sekitar kita dan marilah kita menjaga hati kita agar tidak pernah tertutup untuk memelihara alam ini. dengan memelihara alam titipan Allah, itu berarti kita telah mencerminkan sosok manusia sebagai khalifah fil ardhi, yakni penjaga dan perawat bumi yang baik.

# Karena ulah tangan manusia
   Darat dan laut rusak binasa
   Warisan anak cucu tak tersisa
   Bencana alam dimana-mana
Tafsiran:
Kaarena ulah tangan manusia yang semena-mena merusak lingkungan dan alam kita, alam kita kini telah menjadi rusak. Lihat saja daratan, kebakaran hurtan, polusi, banjir, longsor, semuanya telah terjadi. Begitu pula laut, semuanya telah rusak, polusi dan makhluk laut semuanya mati. Tidak ada lagi warisan untuk anak cucu kita nanti, karena semuanya telah lenyap oleh bencana alam dimana-mana.

# Jiwa siswa SMA 8
   Dan pendidikan lingkungan hidup
   Ecological Youth Environmental Source
   Siswa peduli lingkungan hidup
   Cermin insan khalifah fil ardhi
   Huu... fil ardhi
Tafsiran :
SMA 8 Pekanbaru adalah salah satu sekolah yang mempelajari tentang lingkungan hidup. Para siswa nya diajarkan serta mempraktekkan bagaimana memelihara lingkungan dan alam ini. Semua hal dilakukan demi membangun lingkungan yang indah. Itu semua dilakukan untuk membentuk sosok insan Khalifah Fil Ardhi, yakni mencintai, merawat, dan menjaga bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar